4 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Update Aplikasi

Kita sering menerima informasi bahwa aplikasi smartphone atau pc sudah ada yang terbaru (update).
Mungkin kebanyakan dari kita akan menganggap sangat perlu untuk update, jadi ketika ada informasi tersedia update terbaru, langsung saja kita pencet tombol update (terutama untuk aplikasi di smartphone/gadget).

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan update, diantaranya:

1. Apakah update itu terkait dengan keamanan? kalau terkait dengan keamanan, mau tak mau harus anda update. Masalah keamanan ini biasanya terkait dengan exploitasi atau celah-celah dari aplikasi tersebut yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang berniat jahat.

2. Apakah update tersebut memang untuk anda? apa maksudnya ini? contohnya begini; ada update internet download manager, dan update nya berisi: "peningkatan kinerja IDM di browser Chrome" padahal anda menggunakan mozilla firefox. Jadi untuk apa anda update?

3. Apakah update itu sesuai dengan kebutuhan anda? misalnya begini nih; anda baru tahu kalau Photoshop CC 2015 sudah release, karena tak mau dikatakan ketinggalan jaman, anda langsung download Photoshop CC 2015, install, beres! tapi sebenarnya anda menggunakan Photoshop cuma untuk rotate sama cropping saja! waduh, mubazir banget gituloh!

Itu tadi adalah sekedar contoh, tak perlu demi gengsi terus anda install aplikasi terbaru semuanya. Padahal install aplikasi terbaru biasanya menggunakan resource yang lebih besar seperti RAM atau Processor yang lebih cepat lagi. Kalau anda update software terus sementara hardware nya dari dulu gitu-gitu saja, bisa jebol hardware nya karena dipaksakan.

4. Apakah update itu akan merubah menjadi lebih baik atau tidak? Kalau yang ini bisa anda cari di review pengguna, kalau aplikasi android gampang dilihat di google play store.

Nah itu tadi beberapa hal yang harus anda pikirkan sebelum melakukan update software, informasi-informasi itu dapat anda dapatkan dari What's New! dari website aplikasi yang bersangkutan.