Strategi Main Brigandine The legend of forsena

Sudah lama tak update blog, maklum lagi sibuk, sibuk main game maksudnya hehehehe.
Beberapa hari ini aku memang sedang giat-giatnya main brigandine the legend of forsena.
Memang ini game lama untuk PS1/PSX, aku sendiri sudah memainkannya 14 tahun yang lalu. Menurutku game ini merupakan game strategi terbaik yang pernah aku mainkan. Kenapa aku katakan sebagai game terbaik? ini alasannya:
Tidak ribet mainnya, tidak seperti game RPG lainnya yang harus jalan kesana kemari untuk menemukan pintu untuk pindah ke area lain. cukup pilih kota/ negara mana yang akan diserang, selesai!
Game ini mempunyai tingkat kesulitan yang masuk akal, artinya untuk dapat menamatkan game ini tak perlu cari cheat atau yang lainnya, cukup susun tim yang kuat dan strategi berperang yang pas, pasti dapat menguasai seluruh kerajaan.
Kemarin waktu main game ini lagi, agak lupa cara mainnya, asal pukul tidak pakai strategi, menang sih menang, tapi agak kewalahan walaupun berhasil sampai tamat.
Main kedua ganti karakter, sudah agak ingat cara mainnya, lebih cepat lagi menamatkannya. Dan dapat sedikit pengalaman untuk main lebih efektif hehehehe.
Saat main yang kedua kalinya aku hanya mengandalkan strategi perang untuk dapat menamatkan game, maksudnya kurang menggunakan monster dengan level yang sangat tinggi (20 keatas), cukup level sedang saja (dibawah 20), itupun hanya beberapa.
Aku bagi pengalaman nih, mungkin yang sudah master punya strategi yang lebih baik lagi.
Paling mudah menggunakan Chai (kerajaan charleon), kenapa? Chai memiliki MP (magic power) cukup besar dan Kerajaannya bersekutu dengan new almekia, jadi banyak dibantu mengalahkan musuh lainnya.
Dalam berperang cukup mudah mengalahkan musuh, dengan tim seperti gambar dibawah ini:

Tim 1 merupakan intinya karena tim inilah yang akan menghabisi monster-monster lawan dalam sekali serang. Lho kok bisa? Tim 1 terdiri dari 2 fairy (level 10 pixy), 1 arch angel, 1 arch demon, 1 vampire,1 lizard, tapi yang paling penting 2 fairy dan 1 arch angel, mengapa? karena dengan tim seperti itu maka sekali serang anda dapat menggunakan Chai untuk mengeluarkan geno flame sebanyak 3x dan Arch Angel dapat mengeluarkan Holy World sekali. (kadang aku pakai 3 fairy, jadi 4 kali geno flame hehehehe). Terus Tim 2 untuk apa? tim 2 hanya berfungsi sebagai pagar saja agar tidak  menyerang tim 1.

Strategi Menyerang
Dalam melakukan penyerangan, jangan menggunakan susunan pasukan seperti gambar dibawah ini:
Kenapa? monster yang kena geno flame sedikit:
Betapa sia-sianya jika anda menggunakan geno flame karena itu usahakan monster-monster musuh mendekat, kalau leadernya yang mendekat itu berarti lebih baik lagi, peperangan bakal cepat selesai, untuk kondisi seperti ini anda harus fokus pada leader nya dengan menggunakan geno thunder
Dengan menggunakan geno thunder, maka penggunaan MP lebih efektif. Dalam peperangan ini Zemeckis (Bos) akan menerima 3 kali geno thunder, dan 1 kali Devine Ray dari Arch Angel. Kalau masih belum mati, cukup diselesaikan dengan Thunder Bolt dari White dragon. Kalau Bosnya mati, semua leader yang tersisah akan mundur juga.



Strategi Bertahan
Hampir sama dengan strategi menyerang, aku lebih suka menggunakan pasukan yang ada geno flame atau holy world nya.
Formasi bertahan berikut merupakan formasi terbaik yang pernah aku lakukan, dengan hanya mengandalkan monster level 1 (kecuali fairy) dan vampire (level 10 ghoul) sudah berhasil berkali-kali menghalau pasukan
musuh, bahkan musuh selevel Cador (tangan kanan Zemeckis) tidak sanggup merebut kota.
Tokoh kuncinya tetap 2 Fairy, 2 Leader yang mempunyai geno flame. Cara mainnya: setelah anda susun seperti gambar, musuh akan mendekat, biasanya sih chentaur (manusia berkaki kuda) akan maju dan menyerang dari jarak jauh dengan panah. Kalau aku diserang seperti itu, aku tetap bertahan, tidak menyerang balik, biar saja. jadi seperti di film-film gitu, ada aba-abanya tahan.....tahan.....tahan.... tetap dalam formasi. Bahkan kalau monster yang mendekat baru sedikit, waktu giliran menyerang, aku hanya melakukan Heal yang terluka saja dan tidak menyerang balik karena kalau menyerang balik, musuh akan menyerang juga jadi akan mengurangi HP (health Power) monster yang berfungsi sebagai pagar. Nah begitu musuh sudah ngumpul semua baru keluarlah 4 geno flame dalam sekali serang maka dalam radius tertentu akan bersih dari monster musuh, sukur-sukur didalamnya ada leadernya. Kalau toh tidak ada leadernya, mereka akan retreat karena pasukannya kalah jumlah.

Jadi Pixy ini merupakan monster favoritku, cukup kecil RuneCostnya (30) dan untuk naik menjadi Fairy (lever 10) cukup gampang, ikut beberapa kali berperang maka akan menjadi Fairy. Tips agar monster cepat naik level nya: usahakan monster yang akan dinaikkan levelnya merupakan monster yang akan membunuh musuh, misalnya ada Chentaur musuh HP nya tinggal 10, coba anda gunakan pixy untuk membunuhnya, pixy anda akan segera naik beberapa level. Begitu juga dengan monster lainnya, semakin tinggi level musuh yang dibunuh, maka experience (point yang digunakan untuk naik level) akan semakin besar juga).

Aku pernah hanya menggunakan Chai untuk mempertahankan kota dari serangan 3 pasukan dari arah berbeda dan berhasil membuat mereka retreat, bagaimana caranya?
Kalau anda diserang dari beberapa arah berbeda dan anda kalah jumlah pasukan, gampang kok, pilih musuh dengan kekuatan paling lemah, setelah itu anda datangi musuh itu, jadi anda tidak diam di istana tapi malah mendatangi musuh. Anda akan mempunyai waktu untuk berperang 1 lawan 1 dan pasti gampang mengalahkannya. Kalau 1 pasukan sudah anda kalahkan, maka 2 pasukan lainnya akan berpikir untuk retreat.

Tips yang lain:
Sudah bosan main karena sudah tamah  beberapa kali aku coba browsing cheat brigandine, ternyata banyak cheat untuk meningkatkan level monster dan mendapatkan peralatan dan item.
akhirnya sekarang coba main dengan cara berbeda, tujuannya tidak hanya menguasai kerajaan musuh, tetapi membuka feature-feature yang belum pernah aku mainkan, seperti mendapatkan banyak pengikut (leader), mendapatkan item untuk merubah monster dan lain sebagainya.
Jadi aku mulai mainkan Chai, Merriot dan Dinadan yang aku gunakan, sementara pasukan lainnya aku kirim mengembara (Quest). Chai dkk bergerak dari 1 kota ke kota lainnya untuk berperang, sedangkan kota lainnya aku tinggalkan sehingga aku hanya mempunyai 1 kota saja, itupun bukan di tanah air, melainkan di kerajaan orang. Konsekuensinya uang (mana) habis dan tidak bisa membeli monster, tapi jangan khawatir, pasukan tidak pernah kalah.
Dari sekian banyak Leader yang aku kirim mengembara, banyak juga mereka mendapatkan pengikut (kenalan) sehingga semakin banyak pula pasukanku, Biasanya Karakter yang baru gabung akan mengajak kenalannya juga, contoh aku dapat Millia, Millia mengajak Gaus, Gaus mengajak siapa,...jadi sekarang jumlah Leader ku mungkin 20 an lebih. Dan mereka terus aku kirim untuk mengembara. Selama mengembara sudah banyak mendapatkan equipment dan item. Mendapatkan monster level 10 juga pernah.
Sekarang ini aku coba untuk menyerang New Almekia (sebenarnya mereka adalah sekutu hehehehehe).

Pokoknya menyenangkan sekali main Brigandine The Legen of Forsena.