Tips membuat Add-in / VBA

Setelah membuat beberapa Add-in untuk excel, ada pelajaran yang berharga yang kudapat.
Kalau aku perhatikan ternyata menulis baris code / perintah di control selain commandbutton, meningkatkan resiko terjadinya crash.
Seperti gambar diatas, ketika aku mau membuat vlookup yang efisien, awalnya aku menempatkan perintah get excel name di userform.activate, pada saat mulai dijalankan sih bisa berfungsi dengan baik, tapi ketika ingin pindah ke workbook lainnya, terjadi crash! form menutup sendiri. Kemudian ketika aku mengisi Refedit (select cell) dengan code otomatis setelah pilih range, sheet yang dituju aktif, awalnya juga bisa, tapi ketika ganti sheet, terjadi crash! itulah kenapa setiap ada combobox atau refedit, aku sertakan commandbutton, jadi harus ditekan tombolnya baru akan menjalankan perintah.

Dengan cara ini tidak terjadi crash lagi, memang sih terlihat repot karena harus tekan tombol dulu, padahal rencanya, ketika combobox1 di pilih, refedit aktif dan langsung mengisi combobox2 (terisi data), ternyata tidak bisa berfungsi dengan baik ketika aku mau pindah-pindah excel / sheet, terpaksa pakai cara sedikit 'manual'.

Intinya jangan menaruh banyak code di object selain jenis tombol (commandbutton).

Semoga sedikit pengalaman ini bisa berguna bagi anda.