Membuat Vlookup Case Sensitive (update)

Setelah kemarin aku sharing cara membuat formula vlookup yang case sensitif , hari ini aku coba untuk update vlookup formula maker add-in supaya support case sensitive.

Setelah aku tulis ulang codenya, aku test, ternyata......................................

hasilnya meleset! data yang ditampilkan salah! aku pusing tujuh keliling.

Aku pikir karena data table array dan lookup value ada di workbook yang sama sehingga formula tidak berhasil. Aku tulis ulang code, eh, meskipun dalam satu workbook, tetap saja hasilnya meleset!

Aku coba tulis lagi secara manual, eh, meleset! kenapa nih????

Pikir lagi!

Aku coba copy paste rumus / formula yang aku sharing kemarin di sheet lain, lho! kok bisa????? hasilnya tepat (case sensitive).

Ternyata..........................

Very Simple! sebenarnya ini bukan kesalahan penulisan formula, tetapi ini ibaratnya positif + positif = negatif,
ya, di formula vlookup yang benarkan seperti ini:
=VLOOKUP(lookup value, table array, column ,FALSE)

False = exact match! jadi vlookup mencari keyword yang sama (tetapi tidak case sensitive).

Sedangkan untuk mencari kata yang case sensitive menggunakan formula:
=LOOKUP(1,1/EXACT(text1,text2),colom dicari)
Jadi kan exact + exact = approximate match (mendekati)

oalahhhhhh.....................sepele banget! aku sampai pusing memecahkan masalah  ini.
Solusinya buang saja parameter False yang terakhir!

Lihat bedanya:
Ok, sekarang bisa lanjutin bikin vlookup formula maker v3............................keren!