Cara main game di Excel

Ternyata main game di excel itu mudah, tak perlu keahlian coding.
Syaratnya cuma satu, anda punya file game berbentuk swf (flash). Ini yang susah dicari, game berextension swf.

Karena aku belum nemu, jadi aku menggunakan file flash intro yang aku download dari freedownloadflashgame. di website itu banyak game flash, hanya saja harus dimainkan online. Tadi aku coba untuk download, hanya berhasil intronya saja, tak bisa masuk ke game nya.

Tapi caranya gampang dan kalau anda punya file swf, pasti bisa.
pertama buka excel, di pilih option

Centang show developer tab in the ribbon, klik ok
buka tab developer, tekan insert
Pilih more tools
Pilih ShockWave flash object

tekan OK, dan gambar area di excel

Setelah itu tekan tombol properties
Setting properties nya sebagai berikut
isi bagian movie dengan url tempat file game anda
kemudian anda drag ke atas, lihat bagian autoload, pilih true
drag kebawah lagi, bagian embed movie anda isi true agar file game menjadi satu dengan file excel anda (tapi kemarin aku coba belum berhasil, seharusnya sih file game sudah di 'paste' ke excel)
drag kebawah lagi, bagian playing anda pilih true
selesai! anda tekan lagi tombol design agar flash anda aktif (bukan dalam mode design)
Hasilnya
Seperti yang saya sampaikan diatas, yang bisa didownload cuma intronya jadi tidak bisa saya tunjukkan ini berhasil atau tidak.

Cara ini juga bisa untuk menonton film berbentuk swf, siapa tahu anda ingin menyembunyikan film di excel heheheheheh

Ini aku mengunakan excel 2007, kalau excel anda lebih baru, pasti lebih hebat lagi featurenya.