Kerja Lebih Mudah dengan memanfaatkan VBA Excel

3 hari yang lalu ada teman yang datang ke aku. Dia minta tolong bagaimana cara membuat laporan yang mudah bagi bos nya. Menurut bos nya sih format yang dibuat sudah cocok dan bisa dimengerti. Hanya saja agak ribet karena harus melakukan hidden / unhidden rows untuk dapat melihat data harian, bulanan ataupun tahunan.

Pertama aku tanya dulu dong datanya seperti apa? menurut penjelasan temanku tadi, dia harus membuat tabel data harian, tabel data tahunan. Lho tabel bulanan bagaimana? ya itu tadi harus di hidden / unhidden rows, ini yang bikin bos nya kurang puas.

Setelah mendapat penjelasan itu, aku berpikir bagaimana caranya supaya kerja tak perlu berulang-ulang dan bos nya enak kalau mau lihat data????

Akhirnya, setelah 2 hari, selesai juga buat aplikasi vba nya, lama juga ya?.......sebenarnya sih cepat, maklum lah, harus di selingi pekerjaan lainnya.....

Nih tampilannya:
Jadi bos hanya ngeclik bulan dan tahun, data yang diinginkan akan segera muncul. Apa cuma itu? tidak, temanku tadi tak perlu bikin rekap per bulan ataupun per tahun. Cukup data harian! VBA ini yang  akan kerja menyusun data baik perbulan ataupun pertahun, keren! kerja jadi lebih ringankan? semuanya bisa dilakukan secara otomatis.

Kalau anda ingin nonton demonya silahkan kesini:
Kalau anda mau file excel nya silahkan download versi demonya disini
Anda punya kasus yang sama dengan temanku tadi? anda bisa email ke aremacracker-tester@yahoo.com, siapa tahu saya bisa bantu.