Cara Mencari Perbedaan Data dari 2 Daftar

Kemarin ada teman yang mempunyai masalah dengan data bpjs. Data bpjs ini tidak sama dengan data yang dia punya sehingga terjadi selisih dalam pembayaran iuran. Kalau datanya tak sampai seratus sih, bisa di cari satu-satu, tapi kalau datanya sudah seribu lebih, masak ya harus di cek satu persatu untuk mencari perbedaannya? memang bisa sih, tapi butuh waktu berapa lama dan pasti menguras tenaga dan pikiran. Jasdi dia datang ke aku minta saran gimana caranya ngecek supaya cepat? aku jawab bisa! siapkan saja satu file excel yang isinya daftar no bpjs punya dia dan disebelahnya daftar no bpjs dari bpjs, kirim ke aku, nanti aku buatkan aplikasi sederhana untuk mengecek.

Data yang aku perlukan seperti gambar diatas, keduanya harus mempunyai format yang sama.

Nah, hasilnya seperti ini:
Entah salah ketik atau bagaimana, banyak betul yang tak sama.
Jadi list yang disebelah kiri itu artinya: no bpjs yang didaftar anda ada tapi tidak ada di daftar yang dikeluarkan bpjs, dan yang list ke dua itu (sebelah kanan) artinya: no bpjs yang di keluarkan oleh bpjs tapi tidak ada di daftar anda.

Anda ingin coba? silahkan download disini


Semoga bermanfaat