Membuat Installer dari Inno Setup Jadi Lebih Keren

Sebelumnya mau cerita sedikit mengenai pengalaman belajar menggunakan Inno Setup untuk membuat installer.

Jadi karena belum pernah pakai inno setup, aku browsing dulu dengan keyword inno setup tutorial. Banyak dapat, tapi hampir mayoritas tidak sesuai yang aku perlukan. Sulit sekali mendapatkan tutorial yang menjelaskan bagaimana cara copy file ke folder sistem32. Hampir semua standard saja menerangkannya. Cuma wizard next-next selesai. Tapi untungnya dapat satu website yang menjelaskan cara copy file ke folder system32. Aku segera print tutorial tersebut dalam bentu pdf karena belum sempat aku terapkan saat itu juga.

Saat aku mau membuat installer dari inno setup aku buka file pdf tadi, aku ikuti langkah satu demi satu, tiba di bagian copy file ke folder system32, aku copy langsung code tersebut dari pdf. Selesai!
Tapi ketika aku uji coba jalankan, ada error seperti ini:
File dicopy ke directory system32 double jadi  tak ketemu. Apa salahnya???
Aku lihat lagi script di inno setup
Sama, tidak ada bedanya. Cari referensi lagi, aku buka-buka website inno setup. Sama, tak ada bedanya, tapi kenapa ada error?

Aku cek lagi per kata, apa ada salahnya; akhirnya! yes, ketemu, masalahnya sepele banget.
code yang aku copy dari pdf ternyata merubah tanda baca tanda petik "" menjadi tanda petik miring (tak bisa di tulis. Setelah aku perbaiki, ternyata lancar jaya installer berhasil dibuat.

Sekarang langkah mempercantik installer;
installer yang dari inno setup seperti ini penampilannya:
Biasa banget kan?

Nah bagaimana kalau yang ini:



 Lumayan keren kan?

Oke, disini tidak menjelaskan cara menggunakan inno setup dari awal, anda bisa mendapatkannya dari yang lain. Disini akan dijelaskan cara mudah membuat tampilan installer yang dibuat dari inno setup menjadi lebih bergaya.

Cara membuatnya seperti ini:
Download File Ini

Kemudian extract dan install ISSkin.exe

Copy file isskin.dll ke folder aplikasi anda.
copy file style yang disertakan juga atau yang anda punya lainnya di folder aplikasi. tujuannya supaya gampang saat menggunakan inno setup (file disatukan).

Sekarang buka script di inno setup

Langkah 1
 copy paste saja code berikut tulisan [files] tidak usah karena di script anda sudah ada
[Files]
; Add the ISSkin DLL used for skinning Inno Setup installations.
Source: ISSkin.dll; DestDir: {app}; Flags: dontcopy

; Add the Visual Style resource contains resources used for skinning,
; you can also use Microsoft Visual Styles (*.msstyles) resources.
Source: Office2007.cjstyles; DestDir: {tmp}; Flags: dontcopy


Langkah 2
copy paste code berikut

[Code]
// Importing LoadSkin API from ISSkin.DLL
procedure LoadSkin(lpszPath: String; lpszIniFileName: String);
external 'LoadSkin@files:isskin.dll stdcall';

// Importing UnloadSkin API from ISSkin.DLL
procedure UnloadSkin();
external 'UnloadSkin@files:isskin.dll stdcall';

// Importing ShowWindow Windows API from User32.DLL
function ShowWindow(hWnd: Integer; uType: Integer): Integer;
external 'ShowWindow@user32.dll stdcall';


Langkah 3
copy paste dibagi [code]

function InitializeSetup(): Boolean;
begin
  ExtractTemporaryFile('Office2007.cjstyles');
  LoadSkin(ExpandConstant('{tmp}\Office2007.cjstyles'), '');
  Result := True;
end


untuk office2007.cjstyles anda sesuaikan dengan file style yang akan anda tampilkan (anda copy tadi di folder aplikasi)

Langkah 4
copy paste ke bagian [code]
procedure DeinitializeSetup();
begin
  // Hide Window before unloading skin so user does not get
  // a glimpse of an unskinned window before it is closed.
  ShowWindow(StrToInt(ExpandConstant('{wizardhwnd}')), 0);
  UnloadSkin();
end;  


selesai,
simpan.
compile.
testing..................... 

Tapi karena installer harus load skin dulu saat dijalankan, maka proses saat dilakukan instalasi jadi agak lama (perlu waktu).