Agar Anak Suka Membaca

Dalam posting kali ini aku akan berbagi bagaimana agar anak suka membaca atau lebih tepatnya adalah bagaimana untuk mengajari anak supaya dapat membaca, dari belum bisa baca menjadi bisa baca kemudian suka membaca.

Bukan bermaksud menggurui atau sok pintar, tapi ini adalah pengalaman pribadi yang mungkin bisa berguna bagi anda yang punya anak balita.

Di usia 4 thn, anakku belum bisa membaca, ketika aku ajari membaca susahnya minta ampun. Ya sudahlah... masih kecil juga. Sekarang diusia 5 thn sudah lancar membaca seperti anak SD! Bahkan ketika aku ajak makan di warung, dia baca menunya..trus pemilik warung kaget, kok sudah bisa baca hehehehe (bangga deh!)

Nah ini tip bagaimana supaya anak bisa membaca dan gemar membaca

 1. Seperti kata orang-orang, tingkah anak seperti bapaknya hehehehe.... jangan harap anak mau buka buku kalau bapaknya tak pernah buka buku. Pada awalnya anakku suka lihat gambar di majalah komputer yang aku punya... biarkan saja dia pegang... tidak aku larang... bahkan dengan resiko sobek tentunya... tak apa-apa toh sudah aku baca. Jadi setiap aku baca majalah komputer, dia pingin lihat juga, aku kasih yang sudah lama. Intinya adalah membuat suasana membaca dirumah.

2. Anak kecil kalau disuruh baca tulisan tentu susah....tak mau. Kemudian pas aku ke pom bensin aku ajak anakku. Seperti biasa di tempatku untuk beli bensin saja harus antri, nah disaat seperti itu ternyata anakku mau membaca tulisan yang ada di pom bensin.. mungkin karena tertarik dengan gambarnya (ada gambar hp, motor, kamera). Dia eja, juga s-o-l-a-r. dari situ aku jadi ingat sama pelajaran bahasa indonesia di smp dulu,... iklan dibuat sedemikian rupa untuk menarik mata. Nah, aku ajak anakku baca papan iklan, kalau ke pasar aku ajak baca nama toko! dan anakku senang membacanya hehehehehe. oh iya... awalnya anakku baca plat nomor motor!Intinya.. belajar membaca tak harus pakai buku,.... lingkungan sekitar mungkin lebih menarik.

3. Anakku perempuan.... supaya lancar bacanya aku belikan buku barbie dan princess. sudah habis semua dibaca,.. sebelum tidur dia pasti baca. Kalau tak ada buku yang bisa dibaca, yang lamapun jadilah, sampai hapal kata per kata! katanya aku bisa baca lho tanpa lihat bukunya! hehehehehe. Intinya.. berikan buku yang dia suka

4. Setelah barbie dan princess habis dibaca semua, sekarang meningkat yang lebih ber ilmu dikit heheheh... majalah anak-anak seperti bobo,...dia suka sekali baca husin, dan berita unik (karena pendek ceritanya). Dan buku pengetahuan buah dan sayuran yang bergambar juga sangat menarik bagi dia. Intinya.... bacaan anak harus bertahap..... kita tak mau anak cuma baca buku yang tak ada pengetahuaannya kan? kalau untuk awal pengenalan sih tak apa-apa.

5. Kemarin aku coba dengan al-quran, dia memang kadang-kadang mengaji ketempat tetangga sebelah... (masih iqro'). Efeknya memang menggembirakan. Ternyata Anak suka melakukan sesuatu dengan bapaknya :)
anakku pingin ngaji terus walaupun yang dibaca masih surat pendek.. tapi lumayan lah supaya lancar.

Jadi mumpung anak kita masih mau beraktifitas bersama kita, kita mesti manfaatkan sebaik-baiknya. anak kalau sudah besar belum tentu mau lagi beraktifitas sama bapaknya.

Oke,... ini hanyalah sekedar pengalaman pribadi, mungkin anda ada metode lain dalam mengajar anak...silahkan dibagi.