Tips Meningkatkan Traffic ke Blog Anda


Tulisan ini ditujukan bagi blogger pemula. Anda – anda yang master, tidak disarankan untuk meneruskan membaca!

 

1.  Melalui Yahoo Answer
Beberapa minggu lalu aku cek blog ini di pagerank,.. masih 0! Kemudian mulai 2 minggu lalu aku iseng buka Yahoo Answer Indonesia, aku jawab yang aku bisa. Aku sama sekali tidak mengharapkan kenaikan level atau point di Y!A. Kemudian aku menemukan pertanyaan mengenai Internet Download Manager, dan kebetulan saat itu aku barusan posting cara update IDM, aku jawab pertanyaan itu dan aku cantumkan link nya. Hasilnya lumayan! Banyak yang berkunjung ke blog ini.
Dengan modal 3 tulisan:
  1. Update IDM dengan menggunakan IDM Cracker
  2. Rahasia IDM Cracker
  3. New Trick! Update IDM full version selamanya


Sekarang rata-rata 300 pengunjung tiap hari… lumayan lah untuk pemula hehehehe
Melalui Yahoo Answer, anda juga dapat beriklan blog anda, bagaimana caranya? Yahoo answer kan untuk bertanya, jadi buat saja 'pertanyaan' yang menarik orang lain untuk berkunjung ke blog anda. Misalnya: kalau anda punya berita, tips atau trik, gunakan pertanyaan seperti ini:"Tips Meningkatkan Traffic ke blog anda, mau?" trus di detailnya cantumkan link ke blog anda. Banyak pengunjung Yahoo Answer yang beriklan dengan salah, misalnya "Kunjungi blogku ya…." Kalau anda membaca pertanyaan / jawaban seperti itu, apa yang anda pikirkan? Kalau jawabanku: ngapain mengunjungi blogmu? Tak ada kerjaan apa?, jadi usahakan menunjukkan isi/ postingan yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang lain.
Melalui Yahoo Answer anda juga bisa mendapatkan inspirasi, misalnya ada pertanyaan mengenai bagaimana cara menghilangkan incredibar? langsung saja anda posting dengan tema itu dan jawab pertanyaan tersebut,.. pasti dapat pengunjung kan?
seperti anda lihat dari gambar diatas, sebagian besar pengunjung blog ini dalam minggu ini berasal dari Yahoo Answer

 

2. Melalui komen di Blog lain
Aturan pertama dalam memberikan komentar yaitu jangan menghujat, merendahkan atau menyanjung diri sendiri, maksudnya apa? Coba baca komentar ini:
"tipsnya sudah basi"
"tipsku jauh lebih bagus dari pada ini"
"software ini kalah bagus dengan software punyaku"
Jika anda pemilik blog, trus ada komentar seperti diatas, apa yang akan anda lakukan? Kalau aku, akan aku hapus komentar itu.
Coba bandingkan dengan komentar berikut:
"Tipsnya boleh juga dicoba, sekedar info, ada tips lain dan sudah aku posting di blogku"
"Software yang menarik, sebagai alternative bisa gunakan software abcde"
"blog yang keren, sebagai tambahan ada tips…….."
Tentu komentar anda akan dengan senang hati di approve.
Melalui komentar, kita bisa beriklan, selama blog tempat anda berkomentar masih ada, komentar anda pun akan tetap ada dan kemungkinan dibaca orang juga masih ada. Yang diperlukan hanyalah postingan yang tepat pada blog yang tepat, jangan sampai yang diposting masalah masakan, trus yang dikomentar kok masalah software… agak kurang nyambung. Jadi kalau posting masalah IDM, komentar andapun lebih baik masalah IDM atau download manager yang lain karena pengunjung pasti butuh download manager.

 

3.  Melalui website Infogue.com
Infogue.com bisa kita manfaatkan untuk beriklan. Kita cukup mendaftar gratis, trus submit sebagian postingan kita, pilih kategori, beres! Dengan submit article ke infogue.com kemungkinan pengunjung ke blog anda semakin besar.

 

Kesimpulan: Yang penting untuk dilakukan adalah meninggalkan jejak dimana-mana tanpa dianggap sebagai spam hindari menggunakan pernyataan undangan secara langsung seperti "mampir ke blog ku dong", "kunjung balik dong"… tetapi tunjukkan kalau blog anda memang ada yang pembaca butuhkan.


Tunggu apalagi? langsung praktekkan, silahkan isi komen positif dan iklan anda, jangan spam!