How To Remove Incredibar?

Semula aku menganggap Incredibar sebagai add on biasa. dari penampilannya sih menarik, kita bisa langsung tahu website yang sering kita kunjungi. Aku pikir nanti kalau bosan bisa aku ganti dengan yang lain.

Pas aku mau ganti startup home page,... eh susah! tak bisa. meskipun sudah aku ganti startup home page, pasti kembali ke incredibar, di firefox kalau bukat tab baru, incredibar yang muncul. Aku penasaran, aku browsing cari cara bagaimana cara menghapus incredibar. Ternyata dari yang aku temukan sebagian besar menganggap Incredibar sebagai virus yang menjengkelkan karena merubah search engine dan start up home page ke mystart.incredibar.com yang menurut mereka hasil pencariannya sangat tidak memuaskan. Cara menghilangkan incredibar menurut mereka begini:

hapus file ini:
%Windows%\system32\DRIVERS\[random].sys
%Windows%\system32\fake consrv.dll
%Windows%\system32\fake svchost.exe
%AppData%\[random].exe
%Temp%\[random].class

ganti registry ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\[random].exe
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\Search\CustomizeSearch=[site address]
HKEY_CLASSES_ROOT\Interface\[random]
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Ext\Stats\[random]

langsung saja aku cari itu file dan registry.................... TAk ketemu!!!! Sial!! berarti gimana nih???!aku scan pun tak ketemu virus (aku pakai avast, smadav, comodo cleaning essentials)

di beberapa tulisan selain menyebutkan cara manual seperti diatas, juga mengatakan bisa dibuang dengan software tertentu, aku download... ehhh sama juga dengan virus cleaner. Jadi tak memecahkan masalah nih, jangan-jangan itu promosi software itu saja.

Akhirnya aku coba sendiri cara yang lain, mulai search registry dengan keyword "incredibar" dan "mystart", setiap ketemu aku hapus saja registry tersebut.

Selain registry aku buka firefox, aku buka  Tools, pilih add on, aku buang tuh incredibar.

Langkah selanjutnya aku buka (masih di firefox) about:config cari kata kunci "incredibar" dan "mystart"
nah kalau ketemu klik kanan dan pilih reset

Setelah itu  buka c:\\document and settings, kemudian klik kanan pilih search, nah cari dengan kata kunci "incredibar" dan "mystart", tentu satu-satu mencarinya, nanti akan ketemu seperti ini






Nah apapun yang ketemu, hapus saja apa yang bisa dihapus!

langkah terakhir: buka browser(semua browser yang anda install), ganti startup home page ke alamat yang lain misalnya google.co.id

sekarang tak ada lagi incredibar :)

tetapi jika kita menggunakan browser firefox, start up home page nya default (mozilla) ketika kita akan search ternyata masih  menggunakan search engine incredibar (untuk yang satu ini aku belum bisa menemukan caranya).

Semoga ini membantu dan akan ketemu solusi yang lebih baik