Menghilangkan Win32:Kolab-YS (Trojan)

Beberapa hari yang lalu aku sempat dibuat sibuk karena setiap aku full scan baik menggunakan Avast atau Comodo cleaning Essential, selalu crash di tengah jalan. aku scan dengan smadav tak ada virusnya.

Aku scan biasa dengan comodo cleaning essential ketemu trojan di file c:\windows\system32\ifgxkb86.exe, aku coba clean,.... failed. Aku scan biasa dengan Avast, ketemu file yang sama, aku clean berhasil, tapi besoknya muncul lagi.

Jalan satu-satunya aku Scan dengan boot scan. memang ketemu lagi  Win32:Kolab-YS (Trojan), dan ketika akan aku delete, muncul pertanyaan apakah yakin akan menghapus file di folder sistem? pertama aku ragu juga karena file ifgxkb86.exe ada di folder windows, aku cek ke pc yang lain, ternyata yang ada ifgxkb.exe (kalau gak salah). Dengan mempertimbangkan hal itu, akhirnya aku nekat menghapus saja file tersebut.

Dan alhamdulillah hingga sekarang PC nya aman-aman saja. Dan tak ketemu lagi dengan yang namanya Win32:Kolab-YS (Trojan).

Indikasi terjangkit Win32:Kolab-YS (Trojan), full scan akan crash, kemudian selalu ada usaha untuk mengirim data / koneksi ke website tertentu (untung menggunakan avast internet security), jadi  koneksi itu diblokir.

Kesimpulannya:
Ada baiknya kita boot scan sesekali untuk memastikan tidak ada virus yang menjangkiti PC kita, karena setiap browsing, selalu saja ada yang namanya virus (coba anda scan setelah browsing, mungkin ada tuh virus).