Cara Mengamankan File Excel Tanpa Password

Sebenarnya trik ini sudah lama aku gunakan. Kalau di MS Excel 2003, aku bisa menggunakan trik ini tanpa menggunakan alat bantu (software), karena toolbar di excel 2003 menyediakan feature yang aku perlukan. Tetapi ketika menggunakan excel 2007, aku cari-cari feature yang aku perlukan tak juga ketemu. Jadi akhirnya aku buat aplikasi kecil ini.

Aplikasi kecil ini aku beri nama Excel Protection. Kalau mau melindungi excel kenapa tidak pakai password saja? kadang kala, ketika kita ingin membuat file rahasia akan menimbulkan orang lain curiga, apa lagi kalau rekan kerja kita yang tanya, iya kan? nah dengan menggunakan trik ini, bilang saja tak tahu kenapa tak bisa dibuka, lagi error mungkin!

Cara menggunakannya cukup gampang,

Tinggal klik add file untuk menambahkan file, kemudian klik secure the file atau unsecure the file. Selesai!

Kalau anda berminat silahkan download disini

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video tutorialnya ini