Belajar Menjadi Reseller

Beberapa hari ini aku mencari informasi bagaimana menjadi reseller atau lebih tepatnya dropship.
Menjadi reseller / dropship memang mudah, kita tak perlu menyediakan barang sendiri, cukup mencari pembeli dan pihak penjual yang akan mengirimkan barangnya kita terima sebagian keuntungannya.

Dari begitu banyaknya penjual / toko yang menyediakan sistem reseller, kalau disimpulkan dari persyaratan yang mereka ajukan agar  kita dapat menjadi reseller, ada 3 macam;

1. Beli Produk Mereka dan Minimum Penjualan
Ada toko yang mensyaratkan kita untuk membeli produk mereka dengan total harga tertentu, misalnya Rp. 5.000.000,- Dengan membeli produk mereka terlebih dahulu, kita bisa menjadi reseller, tentu dengan mengisi permohonan dulu. Selain harus membeli produk mereka, kita juga diwajibkan dapat melakukan penjualan minimal jumlah tertentu dalam satu bulan, kalau tidak mencapai target, keanggotaan hangus!
Waduh! khusus yang model seperti ini, aku pribadi tidak mampu. Baru belajar jadi reseller, bayar 5 jt, target penjualan dalam satu bulan, berat!!!!

2. Mencapai Minimum Penjualan
Model yang satu ini agak ringan, kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk mereka, kita cukup harus dapat menjual produk (misalnya 5) dalam satu bulan. Keanggotaan sebagai reseller tidak akan hangus jika target tidak tercapai. Tapi...................................hasil penjualan anda tidak akan dihitung dan tidak diakumulasikan ke bulan depan alias tidak dibayar! waduh!

3. Tanpa Syarat! cukup daftar
Ada juga lho model yang seperti ini, tanpa ada syarat harus membeli produk mereka, tanpa ada target penjualan dalam satu bulan. Jadi hasilnya diperoleh langsung setiap transaksi yang terjadi. Nah, ini yang mesti dicoba,...modalnya cuma aktif promosi! bisa di blog, sosmed, atau secara offline / langsung.

Itu tadi jika dilihat dari cara kerja atau syarat menjadi reseller. Kalau dilihat dari keuntungan/ pendapatan yang dihasilkan bisa dibagi menjadi 2;

1. Komisi % harga barang
Jadi kita mendapatkan komisi beberapa % dari harga barang yang terjual. Keuntungan bisa dibayar langsung atau menunggu pencapaian target sesuai dengan sistem yang mereka jalankan (sesuai penjelasan diatas).

2. Komisi Nilai Rupiah tertentu
Komisi kita didapatkan secara jelas (tapi kebanyakan kecil) karena rupiah nya sudah ditentukan. Misalnya: untuk barang senilai dibawah 100rb kita dapat 5rb, untuk barang senilai 100rb - 500rb kita dapat 10rb, begitu seterusnya.

Anda tertarik menjadi reseller? silahkan browsing, banyak yang menawarkan kerja sama reseller. Tapi ingat! baca persyaratan mereka, jangan sampai sudah capek-capek jualan ternyata komisi tak bisa cair gara-gara tidak memenuhi target penjualan.