Tips Belajar Menghadapi ujian

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman cara belajar dalam rangka menghadapi ujian.

Aku menerapkan cara belajar ini karena aku merasa ada beberapa hal yang menjadi kekuranganku:
1. Aku bukan orang yang cukup pintar, jadi harus banyak belajar.
2. Aku bukan orang yang rajin, belajar tidak setiap hari.
3. Otakku tidak mampu menerima informasi yang banyak dalam waktu singkat (belajar dalam sekejap).
4. oh ya, ini penting, mau ikut bimbingan belajar tak punya duit!

Dengan berbagai kekuranganku itu, akhirnya aku buat sistem belajar sendiri seperti ini:
Kalau jamanku dulu, sebelum ujian kan sudah diberi jadwal ujiannya, kira-kira tanggal berapa ujiannya (biasanya 2 minggu sebelumnya sudah diberi tahu). Nah dengan waktu 2 minggu itu aku buat jadwal belajar sendiri; hari pertama aku belajar pelajaran yang akan diujikan hari pertama. Tak harus selesai semua pelajaran itu dalam satu malam karena pasti banyak yang lupa. Kenapa? pertama; belajarnya pasti buru-buru (kejar target harus selesai semua), kedua: belajarnya pasti lama, bisa-bisa sampai larut malam. Jadi aku belajar sesuai dengan suasana hati, kalau sudah jenuh, ya berhenti. Hari kedua aku belajar untuk ujian hari kedua, begitu seterusnya sampai saat ujian. Sehingga pada hari H ujian, santai saja, tak perlu begadang sampai larut malam. Ingat, Istirahat / tidur yang cukup itu harus, karena kalau ngantuk atau kondisi fisik sedang capek, konsentrasi juga terganggu.

Jadi yang didapat dari cara belajar seperti ini adalah:
1. Belajar itu santai
2. Karena belajarnya santai, lebih banyak informasi yang masuk/ tersimpan.
3. Hemat duit, tidak perlu ikut bimbingan belajar heheheheh
4. Hasilnya lumayanlah, dari SD sampai SMA dapat ranking terus dikelas.

Semoga ini dapat memberikan sedikit ide bagaimana cara anda menyiapkan diri menghadapi ujian.