Membuat Fileminimizer Launcher

Akhir-akhir ini banyak pekerjaan yang harus menggunakan powerpoint dengan banyak foto. Untuk menghemat kapasitas hard disk tentu file powerpoint harus di compress. Biasanya aku menggunakan Fileminimizer. Masalahnya sekarang, pc kantor ini kan di deep freeze, masak setiap mau menggunakan fileminimizer harus registrasi, kan bosen.

Sempat terpikir untuk mencari fileminimizer yang portable, kalau versi jadul sih banyak ketemu yang portable, tapi kalau versi 7 atau 8, susah!

Dapat download fileminimizer versi 8 portable, itupun bahasa rusia. Dan ketika aku gunakan lho......minta registrasi??? capek deh!

Akhirnya aku ingat, kenapa tidak bikin fileminimizer launcher saja? Dengan menggunakan launcher seperti yang sudah aku buat untuk idm dan game command and conquer general, seolah-olah aplikasi itu portable heheheheh, cukup sekali tekan, aplikasi dapat langsung digunakan.

Beruntung karena fileminimizer tidak menempatkan komponen file nya di folder system32 atau program files, semua komponennya sudah ada di folder instalasinya. Sekarang tinggal cari dimana dia menyimpan data-data registrasi.  Aku cari di registry Hkey_local_machine\software....tak ketemu. Aku coba cari di C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\...Aha! ketemu! disitu ada folder Fileminimizer yang isinya antara lain file pmconfig.cfg, langsung saja aku copy folder tadi dan aku tempatkan di folder instalasi fileminimizer.

Kemudian dilanjutkan menulis code di VB6 yang tak sampai 5 menit, selesai!

Saatnya pengujian:
Saat fileminimizer dijalankan tanpa menggunakan launcher akan muncul pesan registrasi
Aku tutup aplikasi itu dan aku gunakan fileminimizer launcher:
ketika fileminimizer launcher.exe dijalankan :
Muncul konfirmasi copy folder karena sebelumnya sudah ada file configurasi fileminimizer yang unregistered tadi, kalau kita gunakan langsung fileminimizer launcher maka tidak akan muncul konfirmasi ini.
Hasilnya, fileminimizer langsung terbuka dan sudah teregistrasi:
Jadi kesimpulannya: dari pada susah-susah cari yang versi portable, mending bikin launcher saja, tak sampai 5 menit!