Cara Mengamankan Smartphone Anda dari Pengintai

Kali ini aku mau sharing mengenai cara sederhana mengamankan Smartphone anda dari pengintai. Pengintai disini bukan malware atau virus, melainkan pasangan anda yang mungkin kepo ingin mengetahui semua aktifitas anda melalui smartphone.

Kalau anda googling dengan keyword "Cara menyadap BBM" atau sosial media lainnya, maka anda akan mendapatkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk itu. Sebenarnya banyak sih aplikasi untuk itu, tetapi aku hanya bahas 2 saja, tapi ingat ya, ini bukan untuk mengajari bagaimana anda memata-matai orang lain lho, tapi bagaimana anda mengantisipasi kemungkinan ada mata-mata di hp anda.

Aplikasi yang terkenal pertama adalah Truthspy. Aplikasi ini banyak di gunakan karena support banyak sosial media seperti viber, whatsapp, skype, hangout dan lain-lain. Termasuk lokasi HP anda.
Tapi untung nya aplikasi ini tidak gratis! harus bayar, paket paling murah US $16.99 per bulan! jadi hanya orang-orang yang benar-benar niat dan punya duit saja yang menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi kedua yaitu Airdroid. Aplikasi ini sebenarnya bukan untuk memata-matai hp orang lain, melainkan untuk memudahkan transfer file dari hp ke pc atau mengendalikan hp melalui pc. Airdroid ini agak berbeda dengan truthspy dimana truthspy akan merekam semua aktiftas hp anda sedangkan airdroid ini akan menampilkan data secara real time. Artinya, aplikasi ini tidak bisa melihat pesan bbm atau whatsapp yang sudah ada. Aplikasi ini hanya membaca system notifikasi, artinya kalau whatsapp anda sedang aktif dan anda juga aktif menggunakannya maka pesan tidak akan muncul di notifikasi kan? tetapi langsung muncul di layar aplikasi whatsapp, jadi airdroid tidak bisa membaca. Beda kalau Whatsapp anda sedang tidak aktif tiba-tiba ada pesan masuk dan kebetulan airdroid anda di pc sedang aktif maka anda dapat notifikasi dan bisa membaca pesan tersebut. Selain itu salah satu kelemahan aplikasi ini adalah tidak bisa membaca apa yang sedang ditulis, karena waktu kita kirim pesan di WA kan tidak mungkin muncul notifikasi.

Tapi ada satu feature yang sangat berbahaya dari aplikasi ini. Yaitu mengaktifkan kamera hp anda tanpa sepengetahuan anda, ngeri!

Kenapa aku menganggap airdroid ini berbahaya? karena gratis! hanya saja kuota perbulan dibatasi 200 mb untuk account free. Tapi 200 mb untuk melihat chat sudah lebih dari cukup!

OK, itu tadi 2 aplikasi berbahaya bagi kehidupan pribadi anda. Sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengantisipasinya.
Cara-cara berikut adalah caranya orang awam seperti saya. Kalau mau lebih meyakinkan konsultasi saja sama pakar IT hehehehe...

Pertama
Cek di hp anda apakah ada aplikasi yang namanya airdroid. Untuk Truthspy kalau tidak salah menggunakan nama system setting dengan icon android. Kenapa menggunakan nama system setting? karena mereka ingin menyamarkan aplikasi mereka sehingga anda tidak curiga. Untuk memastikan nama aplikasi ini coba anda kunjungi website mereka, biasanya dijelaskan langkah-langkah installnya dan nama aplikasinya (official website)

Kedua
Kalau anda tidak menemukan kedua nama aplikasi tadi, bukan berarti hp anda sudah aman. Kenapa? karena banyak aplikasi yang bisa menyembunyikan aplikasi lain, misal Hola Launcher. Nah kalau begitu bagaimana cara ngeceknya? kalau ada teman atau pacar anda yang menginstallkan Hola Launcher, anda coba cek apakah ada aplikasi yang di hidden. Ingat, aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi lain itu banyak, misal magic hider app dan lain sebagainya.

Ketiga
Install aplikasi firewall. Melalui firewall ini anda dapat mengatur aplikasi apa saja yang boleh mengakses data mobile ataupun WIFI.
Salah satu aplikasi yang mudah untuk setting firewall ini adalah OperaMax. Kalau hpku kebetulan ada antivirus bawaan yang mudah banget penggunaannya. Melalui OperaMax, anda dapat menentukan aplikasi yang boleh mengakses data mobile ataupun wifi, cara menggunakannnya gampang banget.
Buka OperaMax kemudian pilih app management. Disitu anda tinggal klik-klik saja mana aplikasi yang boleh akses data mobile (internet) atau pakai WIFI.
Kalau anda tidak pasti atau ragu-ragu mau memblokir aplikasi yang mencurigakan seperti system setting, caranya gampang kok. Anda blok saja aplikasi tersebut (tidak bisa akses internet sama sekali) kemudian anda coba buka google play, update sesuatu atau coba semua fungsi hp anda, ada masalah tidak, kalau ada masalah berarti aplikasi tadi memang benar bagian dari system, tapi kalau hp anda berfungsi dengan baik, ya, tidak ada salahnya kalau aplikasi tadi anda blok.
Intinya adalah aplikasi seperti truthspy dan airdroid memerlukan akses internet untuk mengirim data.

Keempat
Jangan menaruh HP dalam posisi berdiri kecuali anda yakin kamera tidak bisa menampilkan gambar yang lainnya. Ini sekedar jaga-jaga saja karena itu tadi, airdroid dapat mengaktifkan kamera anda secara diam-diam. Bayangkan kalau pas anda lagi ganti baju..........................ngeri!

Kelima
Hp anda sudah di root? kalau sudah berarti hp anda semakin rentan dari aplikasi mata-mata. Kenapa?
karena aplikasi mata-mata ini akan semakin leluasa mengakses data anda. Contoh; kalau menggunakan airdroid. pada hp yang tidak di root, tidak bisa menggunakan airmirror, yaitu feature untuk menampilkan layar hp anda di pc, jadi apapun yang sedang diketik bisa dilihat secara real time, bahkan mengirim pesan WA melalui pc dengan tampilan hp anda. Kalau hp anda sudah di root? bebas mereka lakukan itu, bahkan membuat screen shot.
Untuk beberapa aplikasi lain memang bisa menyadap BBM jika hp sudah di root atau di jailbrake.
Jadi sekarang terserah anda, masih mau root atau tidak.

Itu tadi cara sederhana mengamankan hp anda dari mata-mata, semoga bermanfaat!