Google Drive Remote Uploader? Ada kok!

Aku termasuk orang yang suka download. Apapun aku download, mulai software hingga template photoshop atau after effect.

Masalahnya aku tak bisa download saat itu juga, jadi biasanya aku tempatkan di file hosting /server.

Dulu awal-awal hobi nyimpan file di server online aku menggunakan file hosting yang support remote upload seperti billion upload, putlocker dan lain-lain. Karena daftarnya pakai yang gratisan, file cepat dihapus,...belum sempat download sudah dihapus......

Akhirnya aku membuat kesimpulan kalau nyimpen file itu enak di google drive atau skydrive,... tak akan dihapus. Untuk itu aku browsing gimana cara nyimpen di google drive yang remote upload. Setelah kesana kemari masuk forum atau blog, jawabannya hampir seragam: pakai storagemadeeasy.com.

Aku coba daftar di storagemadeeasy.com, tentu yang gratisan. Karena pakai account gratisan maka quota upload maksimal 20mb per file dan 2gb per bulan.

Entah karena ada masalah di server mereka, waktu itu aku bisa upload file hingga 1gb (maksudnya sekali upload 1 file sebesar 1gb) wuih.... jauh diatas batas maksimum free account hehehehe. beberapa bulan aku menikmati kebebasan upload. memang sih untuk batas 2gb per bulan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Tapi aku tidak kehilangan akal, aku daftar banyak account melalui disposable mail,..bisa! kalau ditotal sih aku sudah upload lebih dari 11gb!
gambar diatas sekedar contoh file hasil upload melalui storagemadeeasy.com

Suatu saat storagemadeeasy.com melaksanakan maintenance server (mungkin mereka sudah tahu ada celah dengan sistem mereka), begitu aku coba lagi, gagal total! tak bisa lagi upload. Setiap kali upload file lebih dari 20mb selalu ada pesan kelebihan kapasitas!

Pusing deh!

Aku browsing lagi cari cara gimana bisa upload ke google drive! jawaban yang ketemu masih sama, storagemadeeasy atau not possible!
Memang ada sih website untuk remote upload ke google drive, tapi tetap saja dibatasi, tak sampai 30mb!

Jadi aku coba cari cara lain untuk nyimpen file,....
aku coba nyimpan file di freehosting,... dengan menggunak ssh console wget, memang bisa mindah file ke freehosting,... semangat dah mindahin file. Sudah banyak file yang aku kumpulkan.

Kemarin pas buka lagi, lho...filenya hilang semua! ternyata sepertinya cuma dikasih waktu 1 bulan, setelah itu dihapus....... sia-sia deh aku ngumpulkan file.

Oke jadi sepertinya tak ada cara lain lagi selain membagi file kedalam ukuran 30 mb atau 20mb agar bisa diupload ke google drive.

Aku browsing cara memecah file secara online,.. akhirnya ketemu script untuk membagi / memecah file. Scriptnya dari hjsplit. aku download dan aku coba....ternyata file yang akan di pecah harus dalam server yang sama. Itu setahuku lho...maklum aku tak pandai php jadi sia-sia dong menggunakan hjsplit kalau filenya sendiri tidak ada di tempat yang sama.

Aku cari lagi cara remote upload ke google drive.

Entah aku lagi beruntung atau apa? setelah beberapa saat browsing eh ketemu website yang bisa upload ke google drive. Namanya Save WEb File.

Bagusnya website itu, tak perlu daftar, semua langsung bisa diupload.
Tinggal masukkan url trus pilih mau disimpan dimana, nanti tinggal ikuti petunjuknya saja, selesai!

Nih file yang sudah aku upload
Sejauh ini sih memang kadang-kadang ada error saat upload, jadi muncul pesan "sorry invalid url"
seperti saat aku coba upload file berikut
setelah aku coba beberapa kali sepertinya masalah seperti ini kemungkinan disebabkan nama file yang terlalu panjang atau ada karakter yang unik. Setelah aku rename menjadi nama yang pendek ternyata bisa diupload!

Berapa besar file yang bisa diupload?
File terbesar yang pernah aku upload adalah sebesar 398.2mb

Lebih baik pakai dropbox atau google drive?
berdasarkan pengalaman menggunakan remote upload, lebih mudah menggunakan dropbox. jadi ada saat-saat dimana file tidak bisa diupload di google drive (proses lama), setelah aku coba ke dropbox ternyata bisa.

Untuk saat ini masih aku coba untuk upload file lebih besar lagi.