Hati-hati saat install cheat engine


Hari ini aku mencoba download cheat engine dari www.cheatengine.org, anda sudah tahukan kegunaan cheat engine?

 

Ketika aku buka websitenya, pada halaman utamanya sih bisa dibuka, tapi waktu aku coba download, ternyata avira memblokir server download tersebut karena diketahui ada malwarenya.



Oke, karena aku masih ingin menggunakan cheat engine, aku cari cheat engine dari sumber lain, pikirku sih taka pa-apa lah versi lama. Disuatu website (blog) aku menemukan link download cheat engine, dengan senang hati aku download. Link nya ke www.cheatengine.org juga, akhirnya dapat cheatengine62.exe ukuran 154.46 kb,.. kecil dan pasti dia download file yang diperlukan saat install. Aku download, dan progressnya lumayan cepat,,… tapi waktu akan mencapai 100%, progress bar nya kok berhenti,.. sudah mulai tak enak nih.

Aku cek lagi lewat Task Manager,…. Wow…. Apa yang aku temukan?????!!!!!! Incredibar installer. Sial! Lagi-lagi berhubungan dengan ini lagi,.. segera aku putuskan untuk mematikan proses incredibar installer,dan aku hentikan install cheat engine. Kemudian aku buka firefox, memang benar, search engine telah berubah ke mystart.incredibar, aku cek addon tidak ada, terus aku coba setting lagi my start home page nya ke google.co.id, syukurlah masih bisa. Aku cek Chrome, masih belum berubah, aku cek opera…. Telah berubah, syukurnya masih bisa dirubah dengan cara biasa. Aku rasa incredibar installer belum sempat merubah registry sehingga masih bisa dirubah dengan cara biasa. Ketika aku scan menggunakan malwarebytes pro, ternyata memang terdeteksi virus pada file cheatengine62.exe.

Aku coba download versi lama (6.1) dari www.cheatengine.org ternyata tidak terdeteksi malware oleh avira internet security, dan aku segera download. Selesai aku download aku scan menggunakan avira maupun malwarebyte, hasilnya tidak ada virus, jadi aman!