False Positive in Comodo Cleaning Essential


Sudah lama nih tidak update blog, maklum, bulan-bulan sibuk 


Oke, aku mau berbagi pengalaman yang kurang enak nih masalah virus removal khususnya comodo cleaning essential (CCE). Selama ini aku menggunakan CCE untuk perbandingan antara avira dan CCe, keduanya sama-sama ketat dalam memeriksa file, jadi kalau anda menggunakan crack/ patch, jangan kaget kalau terdeteksi sebagai virus.

Bulan lalu seperti biasa setelah update virus database cce, aku scan full. Seperti biasa terdeteksi virus di file quarantine, corrupt file di temporary file IDM, file host modified. Nah saat itu ada tambahan winlogon modified. Biasanya sih yang aku repair Cuma file yang terdeteksi virus, khusus untuk file/ registry system yang dimodified aku ignore, mungkin saat itu aku lagi terburu-buru aku repair saja winlogon……
Begitu restart, tak bisa login,……………………

Terpaksa install ulang


Nah pengalaman ini mungkin bisa dijadikan pertimbangan saat anda melakukan scan dengan cce atau malwarebytes, karena malwarebytes pun mendeteksi file/registry yang dimodifikasi. 

Jadi saran saya, untuk file/registry yang dimodified, lebih baik anda berhati-hati jika mau repair, jangan-jangan malah error.