Mengatasi Install Block


Aku iseng-iseng mencari software untuk mencegah user untuk menginstall aplikasi di PC. Dan nemu Install Block buatan Bash Software. Anda mungkin tak pernah dengar namanya ya?
Itu wajar karena software ini terakhir di update tahun 2008, jadi dari 2008 hingga sekarang tidak ada update.
Cara kerja software ini unik atau boleh dibilang agak norak, maksudnya?

 

Kalau software yang sekarang kita kenal untuk memproteksi pc kan biasanya melindungi systemnya seperti deep freeze, faronic (mencegah menjalankan file exe yang tidak disetujui). Yang satu ini aku katakan norak karena dia tidak memeriksa / melindungi registry atau system, tetapi cukup dengan identifikasi layar windows, gampangnya begini; kalau kita buka file dengan nama es setup.xls, maka di layar excel atau di task manager-process, kan muncul es setup.xls, nah kalau admin memasukkan kata setup dan install kedalam kata yang diblokir, maka file es setup.xls akan ditutup. Bahkan kalau anda punya folder kumpulan resep es setup maka begitu buka folder, langsung akan ditutup. Atau anda ingin buka file pdf dengan judul tutorial install windows 7, anda tidak akan bisa buka pdf itu….. norak kan?

Dan lebih norak lagi, ternyata cara mengatasi aplikasi ini cukup gampang, buka task manager-process, cari bsib.exe, end process… aplikasi ini tidak akan aktif lagi. Memang kalau mau dimatikan dari user interfacenya, kita akan diminta memasukkan password dari admin.

 

Entah dilhat dari sudut pandang mana kok aplikasi ini ada award winning nya di websitenya.