Jumat, 19 Oktober 2012

Aku baru tahu fungsi Text to columns dan Remove Duplicate di Excel

Mungkin anda akan mengatakan, dasar gaptek! Masak gitu saja tak tahu! Ya tak apa-apa, aku memang baru tahu hari ini.

Dulu untuk menghilangkan data yang ganda pada 1 kolom aku mesti melakukannya dengan cara short trus hapus satu-satu. Ternyata dengan fungsi remove duplicate ini, kita bisa melakukannya secara otomatis. Caranya cukup mudah:

  1. Blok data yang akan dicari duplikatnya
  2. Pada toolbar bagian data-pilih remove duplicate
  3. Nanti akan muncul pilihan dari kolom apa yang akan di cari duplicat nya, pilih kolom tersebut
  4. Tekan ok,.. otomatis data pada kolom tersebut tidak akan ada yang kembar.

Yang perlu diingat adalah: fungsi remove duplicate ini mengambil data pada urutan yang pertama, jadi kalau anda mau mengambil data terakhir yang akan muncul maka anda harus short dulu. Misal tgl 1 – tgl 5 datanya sama, kalau anda ingin menggunakan yang tgl 5 saja, maka data harus di short descending (z-A) baru gunakan remove duplicate supaya data yang tetap ada adalah yang tanggal 5.


 

Fungsi Text to Columns berguna jika kita ingin memisahkan data dalam 1 cell menjadi beberapa cell / kolom. Misal anda punya data nama yang isinya nama depan dan nama belakan berada dalam 1 cell, anda bisa merubahnya menjadi 1 kolom untuk nama depan, 1 kolom untuk nama belakang. Itu hanya contoh. Semua bisa dilakukan secara fleksibel. Yang menjadi masalah adalah panjang karakter yang diambil antara data pertama dengan data berikutnya tidak sama sehingga anda tidak bisa melakukannya secara sekaligus, maksudnya data anda 5, nama depan dan nama belakang masing – masing orang kan tidak sama panjang karakternya, ini lah yang menyebabkan anda tidak bisa melakukannya sekaligus, harus dilakukan satu persatu, tapi lumayanlah dari pada harus tulis ulang, cukup di short siapa tahu ada beberapa data yang mempunyai panjang karakter yang sama J atau ada cara lain yang lebih cepat dan mudah? Silahkan tinggalkan komen disini


 

0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites