Review: Photo Collage Maker 3.17


Developer    : www.ams-soft.com

License        : Trial (Free Try before Buy)
Limitation    : 10 days used, watermark, disable add/ delete frame, mask, clipart

 

Review
Sudah hampir 2 tahun aku tidak update Photo Collage Maker dari ams-soft ini, jadi agak terkejut juga ketika mau download kok filenya besar banget yaitu sekitar 74 mb setelah diinstall menjadi sekitar 120mb. Jadi besar filenya hampir sama dengan Photoshine yang versi full (registered). Dengan membandingkan besar file itu aku berharap akan banyak frame seperti di photoshine yang mencapai kurang lebih 700 frame. 


Setelah aku install, betapa kecewanya aku Karena frame yang aku temui kok standard banget. Memang mereka mengklaim ada 100 template tapi kalau dilihat dari bentuk framenya,… wuihhhh kuciwa lah pokoknya, standard berbentuk kotak biasa, sebagaimana bisa anda temukan di Framing Studio.


Dari segi clipart, shape dan mask, koleksinya biasa saja, tidak terlalu bagus, memang banyak tapi kualitas gambarnya pas-pasan.


Oke, itu tadi adalah sisi kekurangannya, sekarang kelebihannya:


Dari segi Graphic User Interface (GUI) nya lumayan bagus, mengingatkan kita pada Mojosoft Photo Collage Maker, Skin defaultnya Office2007 Black, ada 6 skin lainnya yang bisa anda pilih, jadi lumayan bagus untuk skin.


Dari segi Template, anda dapat memilih page layout atau collage template. Masing-masing ada kategorinya lagi, jadi banyak macam model yang dapat anda pilih, disamping itu anda juga dapat membuat template sendiri dengan cara save as template pada settingan anda.


Jika anda masih belum merasa puas dengan settingan / kreasi anda, anda dapat menyimpan pekerjaan anda sebagai project yang suatu saat bisa anda teruskan.


Bagusnya dari software ini adalah, anda bisa menambah frame, clipart, mask, shape sendiri. Setelah aku coba, untuk clipart, mask, shape bisa berfungsi dengan baik, artinya aku bisa menambah dan aku gunakan dalam membuat kreasi foto. Yang menjadi masalah adalah frame karena setiap kali aku gunakan frame itu kok ada pesan file not found! Dia menyimpan semua file yang kita import untuk ditambahkan kedalam koleksi di folder document and setting\local application, bukan di folder instalasi.


Bagian yang terbaik dari software ini adalah: anda bisa menentukan qualitas/resolusi dari kreasi yang akan anda buat, banyak ukuran yang bisa anda pilih, hampir semua ukuran kertas ada. Mungkin karena untuk alasan ini, mereka membuat frame dengan ukuran file yang besar, hampir 0.5 mb setiap framenya, sehingga jika anda ingin mencetak dengan ukuran besar, frame masih bagus.


Beberapa background juga sudah disediakan jadi anda tinggal pilih mana yang anda suka dan mulai beraksi!

 

Kesimpulan
Score: 7/10