Kelemahan Avira Internet Security 2012


Sudah hampir 1 minggu ini aku upgrade dari Avira free menjadi avira internet security 2012.

Dengan menggunakan avira internet security ini aku berharap bisa aman ketika browsing. Memang beberapa website dapat dideteksi jika ada yang dianggap jahat. Firewall juga oke, dapat memberikan informasi yang lebih detail mengenai koneksi yang diminta oleh suatu aplikasi.

Hanya saja ada satu kekurangannya: koneksi internet jadi sangat berat… loading lama,… bahkan kalau menggunakan chrome, sering putus ditengah jalan, perlu reload 5 – 6 kali baru bisa konek…. Capek!

Aku sudah melaporkan masalah ini ke bagian support, tapi hingga saat ini aku tunggu balasannya tak datang-datang. Belum lagi kalau aku download (menggunakan IDM)… wuihhhhhhh…… 2 kb per detik saja sudah cepat. Semula aku pikir karena jaringannya, aku ganti proxy eh sama juga, tak ada perubahan.
Akhirnya aku coba cari jawaban di avira forum,…. Ketemu juga jawabannya.

Yang jadi biang kerok adalah web protection karena mereka menggunakan cara seperti ini (kalau tak salah): ketika kita buka website, mereka mengirim permintaan kita ke semacam proxy (server) mereka, server mereka mengambila data website, diperiksa, baru di teruskan ke kita! Bisa anda bayangkan proses kerjanya kan? Semula aku pikir prosesnya seperti ini: kita buka website, avira akan cek lewat database yang sudah ada di pc, jadi pengecekannya secara online…. Pantas berat betul! Mungkin kalau jaringan koneksi anda sangat cepat, ini tak jadi masalah, tapi kalau jaringan sudah pas-pasan……

Setelah mengetahui sumber masalahnya, sekarang aku non aktifkan web protection…..dan semua kembali seperti semula…..


update 21.06.2012
Pihak avira telah menanggapi dengan serius, sudah seminggu ini setiap hari ada saja email balasan untuk mencari akar masalahnya. Padahal sudah aku jawab kalau memang teknologi / metode yang avira pakai dalam web protection harus mengalami delay (sebagaimana jawaban mereka dalam forum) ya tidak apa-apa, aku maklum kalau browsing dan download jadi sangat lambat. Hal ini tidak akan terjadi jika kecepatan koneksi internet anda sangat besar, tapi kalau pas-pasan seperti aku..... dampaknya sangat besar.
Hingga hari ini avira masih mencoba mengumpulkan informasi mengenai kondisi pc / system ku untuk mengetahui kenapa dampak teknologi web protection mereka terhadap chrome lebih terasa jika dibandingkan dengan firefox. Untuk download tetap saja masih lemot.