4Shared Premium Link Generator


supported by 4server.info

Kamis, 26 April 2012

Mencari Anti Virus Terbaik ?

Saya yakin anda pasti ingin komputer anda aman dari virus dan aman saat browsing. Akupun begitu.

Supaya benar-benar mendapatkan antivirus yang terbaik, aku cari info dulu mengenai Virus Terbaik di google. Seperti yang anda ketahui kalau kita googling 'Review Antivirus', maka yang muncul paling atas adalah tulisan yang bersumber dari toptenreview kemudian disusul dari media lain seperti PCMAG.

Pas aku buka kedua-duanya (adan yang lainnya juga), ternyata urut-urutannya berbeda. Jadi bingung dong mau pilih antivirus yang mana.

Pertimbangan terakhir: pengalaman!

Nah berdasarkan pengalaman :
Sebelumnya aku pakai AVG Internet Security, sesuai dengan namanya seharusnya dia bisa mendeteksi link yang ada malwarenya, jadi bisa browsing dengan aman. Akan tetapi dikemudian hari diketahui PCku banyak sekali virusnya.......terpaksa install ulang.

Kali ini aku pakai Avira Free...
kucoba buka website yang dicurigai tadi,... memang ketangkep tuh malwarenya dan tidak mau buka website tersebut. Dari sini terlihat bahwa Avira lebih unggul. Sayangnya Avira free tidak support firewall (dan untuk browsing)... ini anehnya, meskipun tidak ada fasilitas untuk internet, dia bisa memblokir website). Dia juga mengenali trojan di keygen dan crack.

Aku coba menggunakan Avast Internet Security...
Yang aku suka dari Avast adalah fasilitas sandbox. Aku coba browsing beberapa website yang dicurigai ada malware, ada yang ketangkep, ada yang lolos. Keygen & crack banyak yang lolos (sebelumnya terdeteksi oleh avira).

Antivirus lokal
Keunggulan antivirus lokal adalah dapat dikombinasikan dengan antivirus lainnya.

Smadav
untuk saat ini Smadav ini benar-benar populer karena kestabilannya saat dikombinasikan dengan antivirus lain. Kekurangan dari antivirus ini dia tidak bisa scan file yang dikompress seperti RAR atau ZIP ataupun installer. Dan juga database antivirusnya lama updatenya.

PCmav
Seharusnya antivirus ini dapat menjadi andalan karena disupport oleh PC Media. Untuk urusan update, PCMav lumayan aktif. Hanya saja ketika di gunakan (berdasarkan pengalaman) sering Crash dan file komponennya sering corrupt (dialami juga oleh pengguna lainnya....lihat di situs resminya). Dan ketika kita scan dengan antivirus lain terdetect trojan :(

Ansav, Artav, Inpag
untuk saat ini susah cari updatenya... dan sebagian terdetect trojan oleh antivirus lain.

Kesimpulan
Karena sayang menghapus Avast (yang punya fasilitas sandbox) aku tetap pakai Avast. Aku juga pakai Smadav. Karena tahu avast kurang peka terhadap keygen / crack, aku coba cari alternatif lain yaitu malware cleaner. Malware cleaner kebanyakan gratis.

Aku coba F-secure,... pas install tak ada tanda-tanda sedang jalan atau proses... cuma blank!...
Aku coba Comodo Cleaner Essential yang dari review PC Mag score nya 4.5 (maksimal 5). Hasilnya lumayan bagus.

Aku scan dengan CCE (belum update virus database) ketangkep semua tuh keygen/crack yang sebelumnya lolos pakai avast dan smadav.





pada saat awal scan, dia akan coba untuk update... updatenya besar,



Selain bisa untuk membersihkan malware, dia juga bisa mendeteksi kalau file host sudah di rubah


Jadi untuk saat ini aku cukup puas dengan Avast, Smadav, dan CCE

0 comments:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites